Asal Mula Langit dan Bumi, Malaikat, Jin, dan Iblis

Asal Mula Langit dan Bumi, Malaikat, Jin, dan Iblis

 ASAL MULA LANGIT DAN BUMI 

Sebelum Nabi Adam a.s. diciptakan, Allah SWT menciptakan langit bumi dan segala isinya; gunung, laut; tumbuhan, hewan. Bintang dan matahari sebagai sumber panas dan bulan sebagai penerang malam. Langit dan bumi oleh Allah SWT diciptakan dalam waktu enam hari atau masa. Sedangkan satu hari atau satu masa di sisi Tuhan sama dengan seribu tahun menurut perhitungan manusia. Allah SWT Maha Kuasa apabila menghendaki sesuatu cukup berfirman, “Kun” (Jadilah!) maka jadilah apa yang diinginkan-Nya.

ASAL MULA MALAIKAT 

Sesudah menciptakan langit dan bumi maka Allah SWT menciptakan makhluk yang bernama malaikat. Malaikat dibuat dari Nur atau cahaya. Malaikat diciptakan sebagai makhluk yang tunduk patuh senantiasa berbakti kepada-Nya. Sama sekali tidak pernah durhaka kepada-Nya. Malaikat tifak mempunyai nafsu, tidak makan dan tidak minum, tidak pula tidur, tidak melakukan perbuatan dosa. Tidak berjenis laki-laki atau perempuan dan mempunyai alam tersendiri yaitu alam ghaib yang tidak dapat dilihat manusia.

ASAL MULA JIN DAN IBLIS 

Jin dan Iblis diciptakan dari api yang sangat panas. Ia mempunyai jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Jin ada yang patuh dan ada yang ingkar kepada perintah Tuhan. Jin yang ingkar dan membangkang perintah Tuhan disebut Iblis dan setan. Iblis dan keturunannya adalah makhluk yang sangat durhaka dan jahat. Tidak ada kebaikannya sama sekali. Pekerjaan iblis dan setan adalah menggoda manusia agar tersesat dan jatuh dalam lembah dosa. Permintaan iblis untuk hidup di dunia sampai hari kiamat dikabulkan Allah SWT. Sebab dahulu iblis adalah makhluk yang pernah patuh kepada Allah. Jadi perpanjangan umur bagi Iblis hingga hari kiamat adalah sebagai balasan bagi kebaikannya di masa lalu sebelum diciptakannya Nabi Adam (manusia pertama). Setelah Nabi Adam diciptakan oleh Allah SWT, iblis menjadi makhluk pembangkang, maka ia dikutuk oleh Allah dan diusir dari surga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GENERASI KUAT HEBAT MANFAAT

Hadis Shahih dan Hasan

LOWONGAN KERJA BUMN 2022 BATCH 2 BUKA 1-7 DESEMBER