HATI-HATI PENIPU BRI STROBERI KASIR BRI DAN SurveyHeart.COM

HATI-HATI! MODUS PENIPUAN STROBERI KASIR BRI!
Berbagi kisah.
Barusan aja nih, hari ini aku mau membagikan pengalamanku hampir terkena penipuan Stroberi Kasir BRI.
aku mau berbagi kisah ini ke temen-temen buat PELAJARAN temen-temen online virtual facebook ku. 🙂 yuk simak
Oke langsung aja buat temen-temen yang gatau apa Stroberi Kasir BRI, ini adalah aplikasi kasir yang ditujukan untuk pedagang, sehingga memudahkan untuk bertransaksi secara virtual. (koreksi yaa kalau salah)
Nah aplikasi ini bisa menjadi dompet virtual di mana kita bisa menyimpan saldo yang kita terima, bisa transfer ke rekening ataupun sebaliknya. Aplikasi ini memiliki kemiripan dengan aplikasi oneklik BCA. Kemiripannya adalah kita bisa menambahkan nomor rekening kita ke aplikasi Stroberi Kasir BRI ini, supaya mudah dalam menarik uang dari rekening atm kita.
Tapi justru fitur ini disalahgunakan oleh oknum untuk mengambil uang dari atm korban. Penipu bermodus pegawai BRI yang memberitahukan bahwa kita mendapatkan hadiah karena poin kita sudah banyak.barusan aja nich.
Oke jadi kejadian ini terjadi hari Selasa, 3 Agustus 2021. Pukul 13.49 WIB. aku lagi santai habis kelar kerjaan WFH, tiba-tiba aku mendapatkan telepon dari +1 (650) 600-0750 (WhatsApp). Orang ini mengaku-ngaku dari pegawai pusat BRI di Jakarta, menginformasikan bahwa aku menjadi pemenang salah satu hadiah poin BRI. Trus mengatakan bahwa nanti aku akan mendapatkan 3 kali sms verifikasi untuk memastikan bahwa aku adalah pemenangnya.
dalam meyakinkan korban bahwa dia adalah benar-benar pegawai BRI, penipu ini menyuruh kita mengecek apakah ada SMS dari BRI yang menginformasikan kode verifikasi?
Memang sekilas kita lihat sms dari BRI berisi kode verifikasi, mana ada kan penipuan niat sekali menggunakan SMS atas nama BankBRI.
Aku sempet bertanya nama dia siapa dan kantor cabang BRI mana. Si penipu ini mengaku bernama Indra Lesmana.ac pegawai Bank BRI Rasuna Said. Aku gak tau persis ini data beneran apa nggak, pokoknya disitu aku tetep gak memberikan kode OTP yang ada di SMS.


Disitu aku lama-lamain, aku bertanya ngalor ngidul
"Bapak sekarang dimana?" Dia jawab "di Miami, Amerika"
lantas aku tanya lagi "Jam berapa sekarang di Miami" terkesan basa-basi banget kan pertanyaan yg ku lontarkan. si penipu malah ngeles "Kalao mbaknya tau jaraknya berapa jauh nanti aku kasih tau. PR buat mbaknya"
Liiih makin NGGAK jelas pembahasannya Sempet diawal panggil Ibu Liya. Tetapi karena semakin lama suara ku terdengar seperti anak muda. Akhirnya si penipu panggil mbak. Okee masih sopan.
nggak berhenti disitu, si penipu memberikan link form SURVEY HEART (website survey online) Makin gak jelas kan. Sekelas BRI masa' menggunakan website SURVEY GRATISAN yg temanya bisa diganti-ganti. Aduh pengen ketawa aku.
Ku coba klik, agak takut dan was-was dalam ati. Ternyata form survey itu isinya memasukan nomor Telp, username BRI, Password, Email, NO. KTP. waduh waduh...
Jelaslah aku NGGAK mau ingisi. Itu kan identitas pribadi yang privasi.
Aku belokin deh percakapannya ke hal basa-basi yg terkesan BASI.


Point-Point modus yang disampaikan penipu. Sampai guwa rangkum.
- Anda dapet HADIAH 2 juta ditukar point.
-Ntar Anda dapet 3 SMS
- Isi link form survey untuk aktifkan point BRI.
-Aktifkan POINT dg memberikan kode verifikasi Pendaftaran Stroberi Kasir BRI. (Padahal disitu aku nggak instal Aplikasi Stroberi Kasir BRI)
-Saat aku tanya kode +1 itu kode negara mana? di jawab ini nomor dr kantor. Saat aku tanya kedua kalinya dia jawab ini kode nomor Amerika.
Sampai dia si penipu nanya kuliah dimana mbak kok smart sekali.
Wah Anda jago marketing ya mas. ngomong aja sampai cap cip cus nggak terbata-bata. Kayak orang bener-bener meyakinkan.
Akhirnya mungkin karena berlama-lama (kurang lebih 43 menit lebih 29 detik) , penipu akhirnya menutup telpnya. Sebenarnya pengen aku lama-lamain telpnya, biar penipunya rugi kuota/pulsa (dia telpon pake nomor WA gaes),tapi udah keburu di tutup penipu.


Akhir kata buat temen-temen lebih berhati-hati dengan modus penipuan baru ini, lebih waspada dan lebih kritis dalam menerima telp yang mengaku dari Bank.
Kalau kata temen bapakku yang bekerja di salah satu bank swasta juga, bank akan memberikan pemberitahuan berupa surat resmi kepada pemenang hadiah. Jadi jangan terlena telp berhadiah dari Bank yaaaa…


Komentar

Postingan populer dari blog ini

GENERASI KUAT HEBAT MANFAAT

Hadis Shahih dan Hasan

LOWONGAN KERJA BUMN 2022 BATCH 2 BUKA 1-7 DESEMBER